Selamat datang Tao Tano Rae Maybrat,Anu karef hamit Sauw BIOGRAFY LUCKY PHILIP DUBE ~ Karef Hamit Sauw

Pages

Sabtu, 18 Agustus 2012

BIOGRAFY LUCKY PHILIP DUBE


Lucky Philip Dube 3 Agustus 1964 - 18 Oktober 2007 adalah seorang musisi reggae Afrika Selatan. Dia mencatat 22 album di Zulu, Inggris dan Afrikaans dalam periode 25-tahun dan merupakan terbesar penjualan Afrika Selatan artis reggae. Dube dibunuh di pinggiran Johannesburg Rosettenville pada malam 18 Oktober 2007.

kehidupan awal

Lucky Dube dilahirkan di Ermelo, sebelumnya dari Transvaal Timur, sekarang dari Mpumalanga, pada tanggal 3 Agustus 1964. Orang tuanya berpisah sebelum kelahirannya dan ia dibesarkan oleh ibunya, Sarah, yang bernama dia beruntung karena dia dianggap kelahiran beruntung setelah sejumlah gagal kehamilan. Seiring dengan saudara dua, Thandi dan Patrick, Dube menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bersama neneknya, sementara ibunya pindah untuk bekerja. Itu dari sana yang dia diperkenalkan kepada agama Mormon. Dalam sebuah wawancara tahun 1999 ia dijelaskan neneknya sebagai "cinta yang terbesar" yang "dikalikan banyak hal untuk memunculkan individu ini bertanggung jawab bahwa saya hari ini.


Awal karir musiknya

Sebagai Dube anak bekerja sebagai tukang kebun tetapi, karena dia matang, menyadari bahwa ia tidak mendapatkan cukup untuk memberi makan keluarganya, ia mulai bersekolah. Ia bergabung paduan suara, dan dengan beberapa teman, pertama membentuk musik ansambel, berjudul The Band jalanan. Sementara di sekolah ia menemukan gerakan Rastafari. Pada usia 18 Dube bergabung dengan band sepupunya, Brothers Cinta, bermain musik pop Zulu dikenal sebagai mbaqanga sementara pendanaan gaya hidupnya dengan bekerja untuk Hole dan Cooke sebagai penjaga keamanan di lelang mobil di Midrand. Band menandatangani dengan Perusahaan Rekaman Teal, di bawah Richard Siluma (Teal kemudian dimasukkan ke dalam Perusahaan Rekam Gallo). Meskipun Dube masih di sekolah, band ini merekam materi di Johannesburg selama liburan sekolahnya. Album yang dihasilkan telah dirilis di bawah Dube nama Lucky dan Supersoul. Album kedua dirilis segera setelah itu, dan ini waktu Dube menulis beberapa lirik selain menyanyi. Saat itu sekitar waktu yang sama ketika dia mulai belajar bahasa Inggris

Beranjak ke reggae

Pada peluncuran album kelima mbaqanga nya, Dave Segal (yang menjadi sound engineer Dube ini) mendorong dia untuk drop "Supersoul" elemen dari nama tersebut. Semua album berikutnya dicatat sebagai Lucky Dube. Pada saat ini Dube mulai dicatat fans menanggapi positif terhadap beberapa lagu reggae ia dimainkan selama konser. Menggambar inspirasi dari Jimmy Cliff dan Peter Tosh, ia merasakan sosial-politik yang terkait dengan pesan reggae Jamaika relevan dengan khalayak Afrika Selatan dalam masyarakat secara institusional rasis.
Dia memutuskan untuk mencoba genre musik baru dan pada tahun 1984, merilis mini album Rastas Never Die. Rekor dijual buruk - sekitar 4000 unit - dibandingkan dengan 30.000 unit catatan mbaqanga itu akan menjual. Ingin menekan anti-apartheid aktivisme, rezim apartheid dilarang album pada tahun 1985. Namun, dia tidak patah semangat dan terus melakukan trek reggae hidup dan menulis dan memproduksi album reggae kedua. Pikirkan Tentang The Children (1985). Ini mencapai platinum penjualan dan Dube didirikan sebagai artis reggae populer di Afrika Selatan, selain menarik perhatian di luar tanah airnya.

Komersial dan kritis keberhasilan

Dube terus rilis album komersial sukses. Pada tahun 1989 ia memenangkan empat Penghargaan OKTV untuk Tawanan, memenangkan satu lagi untuk Ditangkap Hidup tahun berikutnya dan yang lain lagi dua untuk House Of Exile tahun after.His 1993 album, Korban terjual lebih dari satu juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 1995 ia mendapat kontrak rekaman di seluruh dunia dengan Motown. Album Trinity adalah rilis pertama pada Tabu Records setelah akuisisi Motown label.
Pada tahun 1996 ia merilis album kompilasi, Bisnis Reggae serius, yang menyebabkan dia yang bernama "Best Jual Recording Artist Afrika" di World Music Awards dan "Artis Internasional Of The Year" di Music Awards Ghana. Tiga album masing-masing memenangkan Musik Afrika Selatan Awards.His album terbaru, Respect diliris di Eropa melalui kesepakatan dengan Warner Music. Dube melakukan tur internasional, berbagai tahap dengan artis seperti Sinéad O'Connor, Peter Gabriel dan Sting. Dia muncul di Sunsplash Reggae 1991 (tahun yang unik, diundang kembali di panggung untuk bis lama 25 menit) dan 2005 Live 8 acara di Johannesburg.
Selain melakukan musik Dube adalah seorang aktor kadang, muncul di film fitur Voice In The Dark, Mendapatkan Lucky Strike dan Lucky Kembali.

Kematian

Pada tanggal 18 Oktober 2007, Lucky Dube tewas di pinggiran Johannesburg Rosettenville lama setelah menjatuhkan dua dari tujuh anaknya turun di rumah paman mereka. Dube sedang mengendarai Chrysler 300C yang para penyerang itu tampaknya setelah. Laporan polisi menyarankan dia ditembak mati oleh pembajak mobil. Lima orang telah ditangkap sehubungan dengan pria murder.Three diadili dan dinyatakan bersalah pada 31 Maret 2009; dua orang berusaha untuk melarikan diri dan tertangkap. Para pria dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Warisan

Pada tanggal 21 Oktober 2008, Rykodisc merilis sebuah album kompilasi retrospektif berjudul, yang menampilkan banyak lagu-lagu Dube yang paling berpengaruh serta trek belum pernah dirilis sebelumnya di Amerika Serikat. Album ini merayakan musik Dube dan menghormati kontribusi dia dibuat untuk Afrika Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar