Selamat datang Tao Tano Rae Maybrat,Anu karef hamit Sauw Tips Mengatasi Gugup Saat Presentasi ~ Karef Hamit Sauw

Pages

Senin, 30 April 2012

Tips Mengatasi Gugup Saat Presentasi

Kebanyakan orang pernah melakukan presentasi,baik ketika duduk dibangku sekolah,kuliah hingga dalam dunia kerja.dalam dunia marketing kemampuan melakukan presentasi sangatlah penting untuk menjaring klien atau kosumen.Secara internal,kemampuan presentasi yang baik juga menjadi faktor kemajuan karier seseorang.

Namun,kerap kali rasa gugup menyerang kita justru ketika kita presentasi siap dimulai.Kitapun kehilangan kata-kat yang telah kita susun dengan indaj sebelumnya.Pikiran menjadi pudar dan pembicaran menjadi terbat-bata seakan Anda tidak menguasi materi yang akan disampaikan.Untuk mengatasi masalah tersebut,beberapa tips ini mungkin dapat membantu.


1. Berawal dari persiapan
 Ketika Anda berpergian,Anda tentu telah mempersiapkan segalanya terlebih dahulu.Anda juga bisa mengecek lagi agar tidak ada barang yang tertinggal.Hukum serupa berlaku juga dalam kasus presentasi.Pahamilah baik materi presentasi yang akan Anda sampaikan.Rasa gugup biasanya muncul karena ketidaktahuan atau ketidakyakian akan materi tersebut.Bila perlua Anda akting di depan cermin,seolah-olah tengah menyampaikan presentasi yang dimaksud.Ada baiknya juag persiapkan referensi-referensi lain sebagai penguat presentasi Anda.

2. Atasi dengan pertanyaan
Suasana forum yang sepi juga bisa memicu kegugupan saat presentasi.Anda tidak tahu pasti,apakah audiens sungguh memperhatikan presentasi Anda dan sudah memahami dan sebaliknya.Merasa bosan dan tidak paham apa.Mengatasi kejadian seperti ini bisa dengan cara melemparkan pertanyaan ke forum.Misaln apakah bahasa ini sudah jelas ?.

3. Kreatif membuat pernyataan
Ada karakter audiens yang tidak gerak untuk bertanya,jika hanya disentuh dengan pertanyaan biasa saja.Padahal mereka sesungguhnya belum memahami bahasan yang baru disampaikan.Tak perlu gugup! Anda bisa mengatasinya dengan membuat pertanyaan-pertanyaan kreatif.Contohnya apakah ada pertanyaan ? jika tidak ada saya akan bertanya.

Kemampuan melakukan presentasi dengan baik akan mendukung kemajuan karier Anda.
Semoga bermanfaat.God Bless You !!!!!!!!!

1 komentar:

  1. Terima kasih Sanmgat bermanfaat untuk pemula pengenal komputer selamat berkarya dan selamat menabur karena suatu saat pasti akan menuai hasilnya

    BalasHapus